Animasi Tsunami di Mentawai

Posted by pusat informasi global 07.13, under | No comments



Gambar Tsunami 
Apakah tsunami itu? Fenomena alam tsunami yang juga dikenal sebagai gelombang laut seismik adalah serangkaian gelombang besar yang disebabkan oleh gangguan di bawah air laut seperti gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung berapi, atau meteor. Kecepatan gelombang tsunami dapat mencapai 1000 km/jam di laut terbuka dengan ketinggian 30 meter saat menerjang pantai.
Indonesia yang merupakan tempat pertemuan tiga lempeng bumi menjadi sebab utama mengapa Fenomena bencana alam gempa dan tsunami sering terjadi. Contohnya adalah tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004 dan fenomena alam terbaru tsunami mentawai. Kedua fenomena alam tsunami ini sama-sama diawali oleh gempa bumi, yaitu 9,3 Skara Richter (SR) saat tsunami Aceh dan 7,2 SR saat tsunami Mentawai. Hingga saat ini belum ada teknologi pasti yang bisa meramalkan kapan datangnya tsunami
.
Dari pusatnya, gelombang tsunami bisa merambat ke segala arah. Ketika gelombang mendekati pantai, saat kedalaman laut makin rendah, gelombang tsunami akan semakin meninggi. Topografi garis pantai dan kedalaman laut sangat mempengaruhi ukuran gelombang. Karena berbentuk gelombang seismik, tsunami terdiri lebih dari satu gelombang, dan gelombang yang berikutnya biasanya lebih besar dari yang sebelumnya. Itu sebabnya tsunami kecil di salah satu pantai bisa tiba-tiba berubah menjadi gelombang raksasa beberapa saat kemudian.
Fenomena alam gempa bumi yang disebabkan pergerakan lempeng di dasar laut adalah yang paling sering menimbulkan tsunami. Jika gempa bumi tersebut dekat dengan pantai, gelombang pertama tsunami bisa mencapai pantai dalam beberapa menit, bahkan sebelum peringatan dikeluarkan.

0 komentar:

Poskan Komentar