Sutra Jaring Laba-Laba

Posted by pusat informasi global 20.20, under | No comments

Jaring Laba Laba 
Saat anda melihat laba-laba, kemungkinan besar Anda akan menjauh karena merasa jijik. Tetapi tidak begitu dengan para ilmuwan, karena mereka mencoba untuk mengungkap salah satu misteri alam terbesar: kemampuan laba-laba untuk memproduksi sutra.
Sutra pada benang jaring-laba-laba memiliki sifat yang cukup unik, ia lebih keras dari baja namun tetap luar biasa fleksibel. Sekalipun para ilmuwan telah memahami struktur kimia sutra jaring laba-laba merupakan protein sederhana yang diproses dari air, tetapi sebenarnya mereka tidak mengerti persis bagaimana cara sutra jaring ini dibuat.

Sebuah terobosan luar biasa jika kelak manusia mampu untuk mereplikasi dan memodifikasi sutera secara sintetis. Karena sutera dapat digunakan untuk memproduksi obat yang aman bagi tubuh, yaitu untuk membuat struktur kimia wax-free dimana tubuh akan mampu menyerap secara bertahap zat-zat yang terkandung didalam obat. Jika kelak zat sutra dapat diproduksi secara sintetis, maka manusia tinggal memanen tanaman penghasil protein sutra (seperti daun arbei) lalu mengolahnya untuk dihasilkan serat sutra.

0 komentar:

Posting Komentar