Apakah Banjir Bandang Itu?

Posted by pusat informasi global 07.59, under | No comments

Banjir Bandang di Wasior Papua 
Banjir Bandang
Kita pasti pernah mendengar tentang bencana banjir bandang yang terjadi di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat yang terjadi pada tanggal 4 oktober 2010 lalu. Bencana banjir ini telah menimbulkan korban bencana lebih dari 100 orang tewas dan melukai ratusan orang.

Banjir Bandang di Wasior Papua
Banjir bandang berbeda dengan banjir biasa. Fenomena alam ini dapat datang secara tiba-tiba walau tidak hujan. Proses banjir bandang terjadi ketika hujan lebat terkumpul dalam sebuah cekungan di dataran tinggi, saat cekungan tersebut tidak mampu menahannya maka ia akan jebol dan memuntahkan jutaan meter kubik air ke dataran yang lebih rendah. Erosi dan gundulnya hutan sering dituding sebagai penyebab banjir bandang.
Bencana banjir bandang dikenal sebagai banjir yang paling berbahaya
. Ia bisa datang secara tiba-tiba dengan arus air yang sangat kuat dan besar dan mampu menghanyutkan apapun yang dilewatinya. Dinding air banjir bandang bisa mencapai 10 sampai 20 meter. Selain karena hujan, banjir bandang juga bisa disebabkan oleh badai yang bergerak lambat, badai yang berulang kali bergerak atas area yang sama, atau badai tropis. Hancurnya dinding bendungan juga bisa menjadi penyebab munculnya banjir bandang. Hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu meramalkan secara pasti kapan banjir bandang akan tiba.

0 komentar:

Posting Komentar