Apple iPhone Menolak Mengikuti Green Rating for Mobile Phones

Posted by pusat informasi global 07.31, under | No comments


Anda penggemar Apple iPhone 4? Berarti Anda wajib membaca informasi teknologi ini. Apple adalah salah satu perusahaan teknologi yang cukup besar. Teknologi terbaru produk-produknya seperti iPhone Apple yang unik dan user friendly telah menjadi trend tersendiri. Harga iphone yang cukup tinggi juga menunjukkan betapa besarnya permintaan produk perkembangan teknologi ini di Indonesia.
iPhone 4, walau canggih tetapi jeblok di Eropa karena tidak ramah lingkungan.Tetapi ada apa di balik produksi produk teknologi ini belum banyak orang yang tahu. Masih minimnya artikel teknologi, serta juru bicara yang memilih tutup mulut mengenai proses produksi Apple membuat banyak pihak berspekulasi bahwa proses produksi Apple iPhone 3Gs, Apple iPad, iPod Apple, iPhone 4, dan produk-produk Apple lain sangat boros energi dan tidak ramah lingkungan.
Dugaan ini makin menjadi-jadi saat Apple menolak untuk mengikuti Green Rating for Mobile Phones. Green Rating for Mobile Phone adalah sebuah sistem peringkat di Inggris yang menunjukkan seberapa ramahkah produk terhadap lingkungan. Memang, selama ini industri ponsel cukup terlambat dalam mengadaptasi teknologi ramah lingkungan.
Sony Ericsson Elm - Ponsel Berteknologi Hijau
Sony Ericsson Elm - Ponsel berteknologi canggih paling ramah lingkungan.
Setiap perusahaan teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang mengikuti Green Rating ini akan disurvei dan diteliti oleh tim lingkungan hidup untuk kemudian ditentukan berapa peringkatnya. Hal-hal yang akan diteliti antara lain bahan baku, proses produksi, fungsionalitas, kemasan, efisiensi energi, dan kemampuan daur ulangnya.
Nokia, Samsung, Sony Ericsson, O2, dan berbagai perusahaan teknologi komunikasi lain telah bersedia ikut kecuali Apple. Juru bicara Apple juga menolak berkomentar mengapa tidak bergabung dengan Green Rating ini. Apple sendiri juga didapati baru saja menghilangkan bahan kimia beracun dari produk-produknya, padahal perusahaan-perusahaan lain (terutama yang dari Jepang) sudah melakukannya bertahun-tahun lalu. Beberapa peneliti lingkungan juga menyatakan bahwa setiap baterai iPhone 4 menghasilkan 45kg CO2 seumur hidupnya.
Hasil Green Rating for Mobile Phone 2010 menunjukkan bahwa Sony Ericsson Elm adalah handphone yang paling ramah lingkungan dengan mendapat skor 4,3 dari 5. Tujuh Hp di tempat kedua dengan skor 4.0 ialah Nokia 1800, Nokia 6700, Nokia C7, Samsung GT-S8500, Sony Ericsson Xperia mini X10, Sony Ericsson Xperia mini X10 pro, dan Sony Ericsson Zylo.

0 komentar:

Posting Komentar