Tenda Terbesar Sedunia

Posted by pusat informasi global 20.14, under | No comments

Tenda Raksasa Kazakhstan 
Kazakhstan adalah salah satu negara yang memiliki perbedaan suhu yang cukup ekstrim. Negara pecahan Uni Sovyet ini bisa bersuhu -31 derajat Celcius saat musim dingin, tetapi juga bisa bersuhu 35 derajat Celcius saat musim panas. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri saat seorang arsitek dari Inggris, Norman Foster diminta merancang sebuah pusat hiburan Khan Shatyr di Astana, ibukota Kazakhstan. Tentunya desain rumah minimalis kurang cocok diterapkan pada kondisi ini.

Agak berbeda dengan artikel rumah kaca raksasa, Norman Foster menggunakan desain arsitektur tenda raksasa, karena strukturnya dianggap hemat energi dan dapat  mengakomodasi suhu musiman yang cukup ekstrem.  Kulit tenda ini terbuat dari tiga lapis polimer etilena tetraflouroethylene (ETFE) yang transparan. Material ini dipakai karena dinilai sangat kuat, transparan, elastis, dan cukup ringan
.
Tenda Raksasa Kazakhstan
Konstruksi bangunan ini sangat menakjubkan. Tingginya 495 meter dan luasnya 66 hektar. Di dalam konstruksi tenda terbesar sedunia yang berfungsi sebagai penahan suhu ini nantinya akan terdapat berbagai sarana hiburan seperti kompleks pertokoan, restoran, taman, hingga bioskop.
_________________________________________
(Sumber: GFI Magazine, 19 Sept 2010)

0 komentar:

Posting Komentar