Liger dan Tigon

Posted by pusat informasi global 20.17, under | No comments

Liger 

Pernah mendengar kata Liger dan Tigon? Liger adalah hasil persilangan antara seekor harimau (Panthera tigris) betina dan singa (Panthera leo) jantan. Sedangkan jika dibalik, yaitu singa betina dan harimau jantan, maka akan menghasilkan Tigon.
Hewan-hewan ini sebenarnya sangat jarang didapat di alam bebas karena secara natural mereka memang berbeda dan kecil kemungkinan saling menyukai lalu kawin. Kucing besar unik ini biasanya dikembangkan oleh kebun-kebun binatang dengan tujuan untuk memikat pengunjung.


Liger Jantan
 Liger Jantan
Tigon
Tigon

Liger dan tigon secara fisik memang berbeda. Liger lebih besar dari pada tigon, hal ini karena “imprinting genom” – yaitu ekspresi gen yang tidak merata karena tergantung pada jenis kelamin orang tua. seperti yang kita ketahui, bentuk fisik singa jantan dan betina juga sangat berbeda, dan masing-masing perbedaan ini tentunya akan membawa struktur gen yang berbeda saat dikawinkan dengan harimau. Tigon jantan dan betina memiliki bentuk fisik yang hampir sama, sedangkan Liger jantan dan betina bentuk fisiknya sangat berbeda.

Liger Betina
Liger Betina

Jika penasaran dan ingin mempelajari lebih lanjut mengenai dua spesies kucing besar langka ini, klik saja web resmi penggemar liger dan tigon di
___________________________
sumber :
www.liger.org.

0 komentar:

Posting Komentar